Uang

“Semua kekayaan memiliki asal usulnya. Kekayaan ada dalam gagasan – bukan uang.” – Robert Collier

Robert Collier adalah penulis buku self-help dari abad ke-20. Dia menulis banyak tentang kesuksesan dan bagaimana hal itu sangat berkorelasi dengan ide-ide. Orang-orang seperti Steve Jobs atau Bill Gates kaya bukan karena warisan tetapi karena mereka memiliki visi. Lawrence Page dan Sergey Brin datang dengan ide untuk membuat peringkat halaman lebih baik dan menghasilkan miliaran berkat satu ide itu.

Mungkin Anda tidak memiliki gelar Ph.D. dalam ilmu komputer seperti pendiri Google atau Steve Wozniak tetapi Anda judi bola online masih memiliki ide-ide dengan nilai besar. Pikirkan tentang Twitter. Idenya sangat sederhana. Namun, perusahaan itu sekarang bernilai miliaran.

Untuk menjadi kaya Anda hanya perlu satu ide orisinal.

“Banyak orang berpikir mereka tidak pandai menghasilkan uang, padahal yang tidak mereka ketahui adalah bagaimana menggunakannya.” Frank Howard Clark

Saya punya teman yang berpenghasilan 4000-5000 dolar sebulan. Bukan pekerjaan dengan bayaran terbaik di dunia, tapi lebih dari cukup untuk hidup nyaman, setidaknya di kotanya. Namun, dia selalu memiliki masalah uang dan dia sering mengeluh tentang hal itu. Itu karena dia bahkan tidak tahu arti menabung. Dia memiliki iPod, iPad, komputer. Saya tidak menyalahkan di sini untuk mencintai teknologi tetapi ketika saya pikir dia harus memiliki prioritas. Menyimpan uang lebih penting daripada memiliki ponsel pintar terakhir. Jika dia menginvestasikan setengah dari uang yang dia habiskan untuk gadget, dia bisa menjadi jutawan sekarang.

Untuk menjadi kaya, pelajari cara menggunakan uang. Baca buku dan artikel tentang keuangan pribadi. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki saat ini. Banyak pemenang lotere bangkrut setelah beberapa tahun. Mereka membeli rumah mewah senilai 3 juta dolar dan kemudian gagal membayar biaya tahunan. Di sisi lain, orang yang menghasilkan 5000 dolar sebulan menjadi jutawan setelah beberapa tahun karena mereka tahu bagaimana menginvestasikan dan menggunakan uang mereka.

“Seorang pria dengan uang tidak sebanding dengan seorang pria dalam misi” . Doyle Brunson

Doyle Brunson adalah salah satu pemain poker paling terkenal di dunia. Keahliannya memungkinkan dia menghasilkan jutaan dolar di atas meja. Dia juga memiliki ruang poker online yang disebut kamar Doyle. Biografinya sangat menarik. Dia berasal dari kota kecil di Texas bernama Fisher County. Dengan banyak kemauan, ia berhasil menjadi salah satu pebasket perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Sayangnya, cedera serius menghalanginya mewujudkan mimpinya bermain di NBA. Tetapi, bahkan setelah peristiwa yang mengecewakan seperti itu, dia tahu bahwa dia adalah “pria dalam misi”. Dia tahu bahwa menjadi fokus laser jauh lebih penting daripada terlahir kaya. Itulah alasan mengapa ia memutuskan untuk menjadi pemain poker. Dia tahu itu sangat sulit pada waktu mereka karena perjudian dilarang di sebagian besar negara bagian. Tetapi dia juga tahu bahwa dia memiliki keterampilan yang cukup untuk sukses besar. Itulah yang dia lakukan. Setelah sesi kemenangan yang cukup, dia akhirnya menetap di Las Vegas dan menjadi legenda poker.

Yang penting dalam cerita Doyle Brunson adalah bahwa poker sangat mirip dengan kehidupan. Orang dengan gairah yang cukup akan selalu menemukan cara untuk mendapatkan uang. Jadi yang terpenting bukanlah jumlah uang yang Anda miliki saat ini, melainkan kemauan Anda.